Sabtu, 22 Oktober 2011

Sejarah Kota Sragen

Hari Jadi Kabupaten Sragen ditetapkan dengan Perda Nomor : 4 Tahun 1987, yaitu pada hari Selasa Pon, tanggal 27 Mei 1746. tanggal dan waktu tersebut adalah dari hasil penelitian serta kajian pada fakta sejarah, ketika Pangeran Mangkubumi yang kelak menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono yang ke- I menancapkan tonggak pertama melakukan perlawanan terhadap Belanda menuju bangsa yang berdaulat dengan membentuk suatu Pemerintahan lokal di Desa Pandak, Karangnongko masuk tlatah Sukowati sebelah timur.

Lambang Kabupaten Sragen.jpg
Lambang Kabupaten Sragen

Locator kabupaten sragen.png
Peta lokasi Kabupaten Sragen
Koordinat : 71º5' - 7º30' LS, 110º45' - 111º10' BT MottoAman Sehat Rapi Indah (ASRI)ProvinsiJawa TengahIbu kotaSragenLuas946,49 km²Penduduk · Jumlah860.000 (2003) · Kepadatan909 jiwa/km²

Penduduk · Jumlah · KepadatanPembagian administratif · Kecamatan · Desa/kelurahan Dasar hukumTanggalBupatiKode area teleponDAU

http://www.sragenkab.go.id/

Kabupaten Sragen, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya terletak di Sragen, sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Karanganyar di selatan, serta Kabupaten Boyolali di barat.

Kabupaten ini sebelumnya bernama Sukowati, nama yang digunakan sejak masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Nama Sragen dipakai karena pusat pemerintahan berada di Sragen.

Kawasan Sangiran merupakan tempat ditemukannya fosil manusia purba dan binatang purba, yang sebagian disimpan di Museum Fosil Sangiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar